CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Sabtu, 13 Desember 2008

Sedikit Catatan Tentang Emosi

Ada banyak definisi tentang pengertian Emosi. Dalam kamus, kata emosi digunakan untuk menggambarkan perasaan yang kuat akan sesuatu dan perasaan yang sangat menyenangkan atau sangat mengganggu. Dalam istilahnya emosi merupakan gambaran untuk keadaan mental dan fisiologis yang berhubungan dengan beragam perasaan, pikiran, dan perilaku. Emosi adalah pengalaman yang bersifat subjektif dan dipicu oleh interpretasi terhadap suatu kejadian.
Kemunculan emosi biasanya spontan, tidak disadari dan tanpa diniatkan. Proses emosi dimulai ketika kita memberikan makna secara pribadi terhadap beberapa kejadian. Situasi yang sama belum tentu akan menghasilkan emosi yang sama karena tergantung pemaknaan terhadap situasi tersebut.
Emosi sebenarnya juga merupakan motivasi terbesar manusia dalam bertindak. Tidak ada manusia tanpa emosi. Emosi yang dialami manusia menjadikan manusia mampu menimbulkan respon berdasarkan informasi yang diterimanya. Para ahli percaya bahwa emosi merupakan representasi dari ketidaksadaran. Oleh karena itu emosi memiliki fungsi-fungsi vital bagi manusia. Masing-masing fungsi itu berperan penting bagi kelangsungan hidup manusia karena membantu dalam penyesuaian terhadap lingkungan.
(berbagai sumber)

Tidak ada komentar: